5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa

5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang CARA MENGOBATI PENYAKIT ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cara merawat Gigi, Artikel Cara merawat kuku, Artikel Cara merawat Kulit, Artikel Cara merawat rambut, Artikel Cara merawat tubuh, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa
link : 5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa

Baca juga


5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa supaya sehat
Puasa merupakan kegiatan yang diwajibkan bagi umat Muslim untuk menjalani ibadah pada bulan Ramadhan, umat Muslim wajib puasa dari terbit fajat hingga tenggelamnya matahari. Sebelum waktu tersebut, kurang lebih selama 12 jam tubuh tidak mendapatkan suplai makan dan minum. Selain waktu makan, jenis makanan yang ada pada saat puasa juga pastinya berbeda dari biasanya karena merupakan tradisi yang ada pada bulan Ramadhan. Biasanya makanan yang disajikan berupa makanan manis seperti es blewah, es campur, kolak, kuram dan yang lainnya. Perubahan pola makan ini dapat mempengaruhi fungsi tubuh.

Tidak sedikit orang yang tetap melakukan kegiatan olahraga pada saat puasa untuk menjaga kondisi tubuhnya supaya tetap sehat dan bugar pada saat puasa. Selain itu juga banyak orang yang tetap menjalani latihan untuk kompetisi. Olahraga memang membuat dampak positif bagi tubuh karena dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Lalu bagaimana cara menjalani olahraga yang baik pada saat puasa? Berikut ulasannya.

Tips Berolahraga Pada Saat Puasa

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalani olahraga pada bulan puasa.

1. Waktu olahraga

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk berolahraga pada saat puasa adalah waktu. Ada yang berpendapat bahwa melakukan kegiatan olahraga saat pusa tidak disarankan karena olahraga sebaiknya tidak dilakukan pada saat perut sedang kosong. Untuk itu perhatikan juga waktu yang tepat untuk olahraga pada saat puasa.

Waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga pada saat puasa adalah setelah berbuka, karena tubuh sudah mendapatkan energi kembali dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk olahraga pada saat puasa adalah saat menjelang berbuka puasa. Ada yang berpendapat bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 60 atau 30 menit sebelum berbuka puasa. Hal ini sebenarnya sah-sah saja tergantung keinginan dan kondisi tubuh setiap individu.

Ada orang yang melakukan kegiatan olahraga saat puasa itu mungkin karena tubuhnya memiliki daya imunitas yang tinggi. Yang paling penting adalah tetap melakukan olahraga supaya tubuh tetap sehat dan terjaga.

2. Olahraga terbaik saat puasa

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah jenis olahraga. Lakukanlah jenis olahraga yang biasa dilakukan pada umumnya. Namun ada baiknya jika melakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti melakukan jogging, bersepeda, berjalan dan olahraga ringan lainnya.

Sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi karena ditakutkan tubuh tidak kuat untuk melakukannya sehingga akan berdampak buruk untuk tubuh sendiri.

3. Asupan makanan yang dibutuhkan

Pada saat puasa, tubuh diberi 2 kali untuk makan yaitu pada saat sahur dan berbuka. Waktu makan pada saat puasa tentu berbeda dengan hari-hari biasanya. Selain itu juga posri makan akan ikut berubah. Namun ada baiknya untuk tetap mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sama seperti biasanya. Konsumsi juga makanan yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak serta mineral untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

4. Banyak minum air bening

Dehidrasi bisa saja terjadi saat olahraga apalagi jika dilakukan pada saat cuaca sedang panas. Untuk mencegah hal ini terjadi, perhatikan juga asupan cairan pada tubuh. Cairan yang disarankan adalah 1,5 sampai 2 liter setiap hari. Selain itu juga ada aktivitas yang harus dibatasi pada siang hari untuk mencegah dehidrasi. Dengan berolahraga tentunya membuat banyak keringat keluar dan cairan tubuh juga hilang melalui keringat. Hal ini lah yang membuat dehidrasi pada tubuh terjadi.

5. Perhatikan waktu tidur

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar pada saat puasa, waktu tidur juga harus cukup. Orang dewasa biasanya memerlukan waktu tidur selama 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja pada tubuh. Tidur pada siang hari mungkin dapat diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Itulah beberapa tips menjalani olahraga saat puasa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh pada saat puasa.
Sekain informasi kali ini, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel 5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa

Sekianlah artikel 5 Tips Menjalani Olahraga Saat Puasa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: