7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa

7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang CARA MENGOBATI PENYAKIT ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cara merawat Gigi, Artikel Cara merawat kuku, Artikel Cara merawat Kulit, Artikel Cara merawat rambut, Artikel Cara merawat tubuh, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa
link : 7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa

Baca juga


7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa

Olahraga saat puasa
Puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh semua umat Muslim. Puasa artinya menahan hawa nafsu dan menahan diri dari makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Saat menjalani puasa, ada banyak kendala yang dialami untuk melakukan beberapa kegiatan termasuk olahraga. Namun, ternyata masih ada beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan saat menjalani puasa.

Kesehatan tubuh merupakan hal yang paling penting. Sebelum berolahraga pada saad sedang puasa, ada beberapa hal yang harus diketahui dan tidak boleh dilewatkan. Kita juga dianjurkan untuk tetap menjaga pola makan secara teratur pada saat sahur dan berbuka puasa. Cukupi semua kebutuhan tubuh dan banyka mengkonsumsi air bening yang cukup. Ada baiknya juga makan sahur dilakukan pada akhir waktu saat mendekati imsak serta tidak menunda waktu untuk berbuka puasa.

Lakukan beberapa kegiatan olahraga dipagi hari atau sore hari menjelang berbuka puasa. Perhatikan juga pola waktu tidur dan istirahat. Lakukan gerakan-gerakan ringan saja jika berolahraga pada saat sedang puasa.

Olahraga membuat tubuh supaya tetap bugar dalam keadaan apapun. Terutama pada saat berpuasa, olahraga juga tetap perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dengan melakukan beberapa kegiatan dengan melakukan gerakan-gerakan kecil setelah sahur dan sebelum berbuka puasa dapat menyeimbangkan serta menjaga kebugaran tubuh meskipun sedang berpuasa. Lalu apa saja olahraga ringan yang dapat dilakukan pada saat sedang puasa.


Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Pada Saat Puasa

Berikut adalah beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan saat sedag menjalani puasa.


1. Jongging atau lari ringan

Melakukan jogging dengan intensitas yang ringan sangat baik dan cocok dilakukan selama sedang berpuasa. Kamu dapat melakukan jongging selama beberapa jam setelah sahur pada pagi hari atau pada sore hari menjelang berbuka puasa.

Jogging pada pagi hari membuat kamu merasa tidak terlalu lelah karena masih ada banyak energi yang ada pada tubuh dari makanan yang dikonsumsi pada saat sahur. Lakukan jongging selama 30-40 menit untuk menjaga kebugaran tubuh pada saat puasa. Namun perhatikan juga batasnya, karena jika melakukan kegiatan yang terlalu berat dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keingan sehingga dapat menimbulkan dehidrasi.


2. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan alternatif yang dapat dilakukan saat sedang berpuasa. Bersepeda pada saat puasa dapat dilakukan pada pagi hari setelah subuh. Dengan melakukan kegiatan bersepeda selama 45 menit dapat membakar 300 kalori untuk wanita dan 350 untuk pria.


3. Bowling

Kegiatan ini merupakan jenis olahraga yang lebih condong kedalam bentuk permainan. Namun olahraga ini juga dapat membantu kamu merasa lebih rileks dan tetap berstamina. Kegiatan ini menjadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan pada saat menjalani puasa. Dengan melakukan kegiatan ini kamu dapat bermain hingga menunggu waktu berbuka puasa.


4. Renang

Renang menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan pada saat puasa. Kegiatan ini dapat dilakukan pada saat bebuka puasa supaya membuat tubuh tetap bergerak. Kegiatan ini tidak cocok dilakukan di siang hari karena takutnya ada air yang masuk kedalam mulut dengan tidak sengaja dan dapat membatalkan puasa. Jadi lebih baik dilakukan setelah berbuka saja.


5. Jalan cepat

Kegiatan olahraga yang satu ini juga dapat dilakukan selama berpuasa. Kamu dapat melakukan olahraga ini pada tempat-tempat yang sejuk dan jauh dari kebisingan supaya mendapat ketenangan. Dengan melakukan jalan cepat selama 30 menit dapat membuat tubuh menjadi lebih seimbang. Kegiatan ini juga bisa dilakukan menjelang berbuka puasa.


6. Yoga

Selain membantu pikiran supaya tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu olahraga yang baik dilakukan pada saat puasa. Kegiatan ini lebih fokus pada pelatihan teknik pernafasan yang dapat membantu penyuplaian oksigen kedalam otak dan dapat dilakukan kapanpun juga. Kegiatan ini juga lebih cocok jika dilakukan pada tempat yang sejuk dan jauh dari kebisingan supaya membuat pikiran tetap fokus.


7. Naik turun tangga

Kedengarannya memang sepele, namun kegiatan ini juga terbukti menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan saat puasa. Kegiatan ini memang mudah untuk dilakukan, namun dapat membuat dehidrasi juga jika kamu melakukannya dengan cara yang salah. Naik turun tangga selama 10-15 menit dapat membantu menurukan kalori dalam tubuh sebesar 178 kalori. Lakukan kegiatan ini dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Beberapa jenis olahraga diatas dapat kamu lakukan untuk memenuhi kegiatan kamu pada saat puasa, jadi jangan hanya digunakan untuk tidur saja, namun lakukan juga beberapa kegiatan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Karena meskipun sedang berpuasa, kamu tidak punya alasan untuk bermalas-malasan juga.

Itulah beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan saat puasa dengan mudah, lakukan beberapa kegiatan diatas untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan sehat.
Sekian info kali ini, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel 7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa

Sekianlah artikel 7 Jenis Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Puasa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: