Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa

Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang CARA MENGOBATI PENYAKIT ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cara merawat Gigi, Artikel Cara merawat kuku, Artikel Cara merawat Kulit, Artikel Cara merawat rambut, Artikel Cara merawat tubuh, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa
link : Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa

Baca juga


Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa banyak manfaatnya
Jika dilihat dari satu sisi, olahraga pada saat puasa adalah sesuatu yang menyusahkan dan menyiksa diri. Saat sedang berusaha menahan lapar, lemas dan kurang energi malah disuruh olahraga. Pastinya rasa lapar dan haus akan semakin terasa sehingga tubuh menjadi tidak bertenaga. Namun semua itu hanyalah bayangan negatif dan tidak akan terjadi jika kamu melakukan olahraga saat sedang puasa.

Mungkin untuk seseorang yang jarang beraktivitas dan berolahraga hal itu menjadi bayangan yang negatif saja. Namun bagi mereka yang senang berolahraga dan rutin melakukannya, pasti akan selalu berusaha untuk tetap melakukan olahraga meskipun dalam keadaan berpuasa. Hal itu dikarenakan mereka telah mendapat manfaat dari berolahraga pada saat puasa. Karena sebenanrya olahraga pada saat puasa juga memiliki manfaat yang besar.


Detiksifikasi Tubuh Tetap Lancar

Detoksifikasi atau kata lainnya pengeluaran racun dalam tubuh akan terjadi pada saat sistem pencernaan bekerja. Apabila sedang berpuasa itu artinya sistem pencernaan juga sedang istirahat. Disinilah pentingnya beraktivitas dan berolahraga pada saat puasa. Dengan berolahraga, maka dapat mengoptimalkan sirkulasi darah serta fungsi kelenjar getah bening. Dengan begitu detoksifikasi dalam tubuh tetap berjalan lancar.

Dari pernyataan tadi, bukan berarti puasa bisa menghentikan proses denotifikasi pada tubuh. Pernyataan diatas menyarankan supaya jangan bermalas-malasan pada saat puasa, seperti halnya tidur dan bermain saja sambil mengunggu adzan magrib. Pada saat puasa juga harus tetap melakukan aktivitas yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidurnya orang yang sedang puasa memang berpahala, namun bukan berarti harus tidur sacara terus-menerus sampai waktu buka puasa. Artinya jika tidur bisa berpahala, apalagi jika melakukan kegiatan yang bermanfaat termasuk menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga.
Dengan berpuasa maka tubuh akan menjadi sehat karena organ-organ pencernaan dapat istirahat. Namun olahraga saat puasa lebbih sehat lagi karena membuat oragn yang beristirahat tetap berjalan normal. Organ pencernaan tersebut akan tetap mendapat aliran darah yang lancar sehingga tetap berfungsi.

Menghilangkan Rasa Malas dan Mengantuk

Seseorang yang merasa tubuhnya lemas dan mengantuk pada saat puasa bisa jadi diakibatkan karena jarang bergerak dan beraktivitas. Tentunya rasa lapar dan haus akan semakin terasa jika tidak melakukan apapun dan hanya tidur dan malas-malasan dikamar. Apalagi tidur pada waktu pagi, saat bangun tidur pasti akan merasa lemas dan lapar.

Untuk itu atasi rasa malas dan lemas dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan pada saat puasa. Bisa dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan saja yang penting bergerak. Dengan bergerak dan beraktivtias, dapat mengubah energi cadangan atau lemak menjadi glukosa yang dapat mengusir rasa lemas dan malas serta ngantuk. Selain itu juga saat sedang olahraga tubuh dapat melepaskan hormon endofrin yang membuat tubuh merasa senang dan bersemangat.


Menurunkan Berat Badan

Mungkin ada yang beranggapan bahwa hanya dengan puasa saja sudah bisa menurunkan berat badan, namun nyatanya dengan puasa justru malah menambah berat badan. Hal itu dikarenakan nafsu makan yang tidak terkontrol saat berbuka puasa. Orang yang rutin melakukan olahraga fungsi organ tubuhnya akan tetap berjalan normal meskipun saat sedang puasa sehingga dia akan mekan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Berbeda dengan orang yang jarang berolahraga, dia akan mengisi perutnya hingga rasa laparnya hilang dengan cara makan yang berlebihan.

Untuk itu jika ingin cepat menurunkan berat badan, inilah waktu yang tepat melakukannya. Dengan berolahraga saat perut sedang kososng dapat membuat perut cepat rata karena tidak ada makanan yang tersisa. Jadi dengan berolahraga pada saat puasa sangat besar kemungkinannya untuk mendapat tubuh yang ideal.


Tips Sehat Olahraga Saat Puasa

Pada saat puasa, kondisi tubuh memang tidak seperti biasanya. Pastinya tubuh akan merasa lemas dan tidak berstamina. Namun kondisi yang seperti ini jangan dijadikan alasan untuk malas olahraga. Namun dengan berolahraga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.


Melakukan olahraga ringan dan hindari olahraga berat

Tujuan dari olahraga adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Jadi ada baiknya melakukan olahraga yang ringan saja pada saat sedang puasa. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat juga karena cukup dengan melakukan gerakan sederhana dapat membuat tubuh menjadi sehat. Lakukan gerakan ringan seperti lari, bersepeda dan jongging seperlunya.

Dengan melakukan olahraga yang berat malah membuat tenaga terkuras habis dan membuat tubuh menjadi mudah lemas. Keringat yang keluar juga dapat membuat dehidrasi karena cairan tubuh keluar bersama keringat. Jadi lakukanlah olahraga sewajarnya saja, jangan berlebih-lebihan yang penting dapat bergerak.


Waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa adalah sore hari

Waktu yang paling tepat untuk berolahraga saat puasa adalah sore hari sebelum berbuka puasa. Kira-kira 60 atau 30 menit sebelum berbuka puasa. Ini adalah waktu yang tepat untuk membakar kalori yang ada pada tubuh. Lakukanlah gerakan ringan dalam waktu 15-30 menit saja supaya tidak terlalu kelelahan.

Itulah beberapa manfaat olahraga pada saat puasa yang dapat kamu coba dirumah. Lakukanlah olahraga secara teratur supaya mendapatkan hasil yang baik.
Sekian info kali ini, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa

Sekianlah artikel Manfaat Terbesar Olahraga Saat Puasa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: